8 Fakta Menarik Burung Anis sisik atau Anis macan

Leave a Comment

Hallo sobat manuk, tulisan kali ini akan membahas mengenai salah satu jenis burung penghuni lantai hutan Sumatra, Jawa, Bali, Lombok dan Sumbawa. Burung ini bernama Anis sisik atau dikenal juga dengan Anis macan atau Punglor macan.


Pada tulisan kali ini, kita akan membahas mengenai klasifikasi, ciri-ciri, persebaran, habitat, perilaku, makanan dan suara anis sisik atau anis macan yang pernah saya jumpai di alam dan dari berbagai sumber tentunya.


Burung Anis sisik / Anis macan
Burung Anis sisik Zoothera aurea. dok pribadi

Sebelumnya saya juga sudah pernah menulis mengenai jenis burung anis yang ada di Indonesia, namanya anis merah atau punglor. Teman-teman sekalian bisa cek di link berikut:


7 Fakta Unik Burung Anis Merah atau Punglor

Di bawah ini juga tersedia daftar isi untuk memudahkan teman-teman memilih topik bahasan anis sisik yang ingin diketahui



1. Klasifikasi Anis sisik

Merupakan salah satu dari 21 jenis burung anis yang ada di Indonesia. Taksonomi dari burung ini membingungkan, beberapa pakar memasukkan jenis yang ada di Indonesia ke dalam jenis Zoothera dauma. Ada pula yang menganggap sebagai Z. horsfieldi yang endemik Indonesia.


Nah, saya mengikuti taksonomi dari buku panduan lapangan burung-burung di Indonesia karya teman-teman Burungnesia. Nama ilmiah burung ini adalah Z. aurea atau dalam bahasa inggris disebut White's Thrush.


Berikut klasifikasi lengkapnya:


Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Aves

Ordo: Passeriformes

Famili: Turdidae

Genus: Zoothera

Spesies: Zoothera aurea


2. Ciri-ciri atau identifikasi burung Anis sisik

Burung ini berukuran sedang dibandingkan dengan jenis Anis lainnya, panjang tubuhnya sekitar 24-28 cm. 


Ciri identifikasi burung Anis sisik
Ciri identifikasi burung Anis sisik. dok pribadi.

Ciri utama Anis sisik: Tubuh atas cokelat bercorak, kekang atau area antara mata dan pangkal paruh berwarna pucat, tenggorokan abu-abu, dada cokelat berangsur menjadi putih di perut dengan pola sisik tegas.

Paruh tebal panjang, hitam berpangkal bawah kekuningan, iris hitam, kaki kuning.


3. Perbedaan jantan dan betina Anis sisik

Secara kasat mata di lapangan, burung ini sulit dibedakan antara jantan dan betina. Dari berbagai sumber juga menyatakan bahwa jantan dan betina anis sisik itu sama secara morfologi.


4. Persebaran dan Habitat Anis sisik

Anis sisik yang ada di Indonesia merupakan 1 dari 6 sub-spesies atau ras yang diketahui. Ras horsfieldi dari Anis sisik ini memiliki sebaran di Sumatera, Jawa, Bali, Lombok dan Sumbawa.


Habitat burung ini berada di hutan sekunder dataran rendah, perbukitan pada 900 hingga 2.800 meter di atas permukaan laut.


5. Perilaku

Burung ini hampir sebagian besar hidupnya dihabiskan di atas lantai hutan. Biasanya teramati sendiri mencari makan di lantai hutan dengan mendatangi pohon tumbang yang membusuk, seresah daun kering dan pinggiran aliran atau mata air serta pinggiran jalan yang membelah hutan.


6. Makanan Anis sisik

Makanan utama burung Anis macan ini adalah invertebrata seperti cacing, serangga beserta larvanya, siput, serta buah beri hutan.

Saya pernah mendapat foto burung ini saat makan buah beri hutan beberapa tahun yang lalu.


Makanan burung Anis sisik / Anis macan
Anis sisik makan buah beri hutan. dok pribadi.


7. Perkembangbiakan

Sedikit informasi yang diketahui dari perkembangbiakan anis sisik.

Beberapa catatan lama menyebutkan, burung ini berbiak pada bulan September - November (jawa). Sarang berbentuk mangkuk, pada percabangan 1-6 meter di atas permukaan tanah.

Telur biasanya 1-2 butir.


8. Suara Anis sisik

Dari sekian lama saya ketemu burung anis sisik ini, baru pertama kali saya dengar dia bersuara pada bulan November 2022 kemarin.

Suaranya lirih "cweet", lebih jelasnya silahkan dengarkan di video yang sudah saya buat di channel youtube saya di bawah ini. Jangan lupa like, komen dan subscribe ya teman-teman!




Oke, sekian tulisan saya mengenai klasifikasi, ciri-ciri, perbedaan jantan dan betina, persebaran dan habitat, perilaku, makanan, perkembangbiakan dan suara dari burung Anis sisik atau Anis macan.


Semoga bermanfaat!

Salam Manuk!


Sumber: 

  • https://birdsoftheworld.org/bow/species/scathr8/cur/introduction
  • Taufiqurrahman, I., P.G. Akbar, A.A. Purwanto, M. Untung, Z. Assiddiqi, M. Iqbal, W.K. Wibowo, F.N. Tirtaningtyas & D.A. Triana. 2022. Panduan lapangan burung-burung di Indonesia Seri 1: Sunda Besar. Birdpacker Indonesia-Interlude: Batu.

Related Article

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *