Tempat & Peta Sandar Kapal Pesiar di Pelabuhan Probolinggo

Leave a Comment
Cerita ini adalah pertama kalinya saya mendapat tamu dari Amerika Serikat yang datang ke Jawa Timur menggunakan kapal pesiar.

Ada 1 rombongan berjumlah 3 orang memesan jasa saya untuk memandu pengamatan burung di sekitar Probolinggo pada tanggal 22 Januari 2019 dan sekitar Surabaya di hari selanjutnya.

Pagi di hari pertama kami harus bertemu di pelabuhan Probolinggo, dimana kapal pesiar mereka bersandar.

Sebelum itu saya bertemu dengan driver di terminal Banyuangga, kota Probolinggo. Sekitar jam 7.30 WIB saya dan pak sopir berangkat menuju pelabuhan.

Saya sama sekali belum pernah ke pelabuhan tersebut.

Di dalam mobil coba cari-cari via google maps, sembari ngobrol dengan pak sopir. Dari obrolan kami ternyata beliau sering menjemput dan mengantarkan bule kapal pesiar berwisata di seputar Probolinggo.

Jadilah google maps yang sudah saya buka hanya untuk melihat rute yang dia pilih, sekalian saya simpan tempat bertemunya kami nanti dengan tamu.

Dan tentu lewat tulisan ini saya bagikan kepada saudara sekalian titik tersebut.
Alamat pelabuhan ini adalah Jalan Tanjung Tembaga desa Mayangan & Mangunharjo kecamatan Mayangan kota Probolinggo kodepos 67217-67218 provinsi Jawa Timur.
Tempat ini merupakan cabang dari PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau PELINDO 3 dengan nama resmi Pelabuhan Tanjung Tembaga.

Berikut titik lokasi atau peta tempat penjemputan tamu kapal pesiar (cruise) yang bersandar di pelabuhan Probolinggo:

Keterangan Peta:
  • Point warna ungu: Gerbang masuk (klik untuk menuju Google Maps)
  • Area Kuning: Lokasi parkir kendaraan
  • Point Oranye: Tempat sandar sekoci dan meeting point.

Jika anda sudah tiba di pertigaan yang ada tulisan "PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Probolinggo" silahkan anda belok kanan (timur) sekitar 20 meter langsung belok kiri lalu masuk gerbang.

Lokasi penjemputan penumpang kapal pesiar di Probolinggo
Bagian depan pelabuhan Tanjung Tembaga kota Probolinggo, Jawa Timur

Anda harus bayar tiket masuk terlebih dahulu seharga Rp. 5000,- untuk satu mobil sesuai pengalaman saya kemarin. Setelah itu lurus terus sekitar 400 meter hingga batas kendaraan boleh di pakir.

Disana sudah banyak mobil dan bus serta para driver dan tour leader yang menunggu.

Ternyata kapal pesiar tidak bisa bersandar persis di bibir pelabuhan, kapal tersebut harus berhenti di laut yang lebih dalam dari dasar laut dekat pelabuhan.

Bule-bule ini akan diantarkan menggunakan kapal kecil atau sekoci atau tender menuju tepian pelabuhan dan ini cukup lama karena banyaknya orang yang bergantian menaiki sekoci.

Waktu penjemputan antara saya dan tamu adalah jam 8.00 WIB, tapi karena proses di atas tamu saya tiba pada pukul 10.00 WIB.

Mungkin tips untuk guide atau tour leader yang baru saja mendapat client kapal pesiar di Probolinggo, sebaiknya menyempatkan waktu lebih 1-2 jam dari jadwal serta perhitungan waktu ke lokasi wisata juga harus dipertimbangkan.

Semoga bermanfaat dan terima kasih. Senang apabila saudara mau membagikan kepada teman.