Hemat Biaya Menggunakan Transportasi Umum ke kota Batu & Lokasi Wisatanya!

23 comments

Sejak tahun 2016 saya tinggal di kota wisata Batu, Jawa Timur dulunya merupakan sebuah kecamatan bagian dari Kabupaten Malang. Dengan bergilirnya waktu dan perkembangan, sejak tahun 1993 kecamatan ini beralih administrasi menjadi sebuah Kota Madya dan terpisah dari Malang pada tahun 2001.


Sejauh yang saya tahu, asal nama Batu berasal dari seorang tokoh bernama Abu Ghonaim yang selanjutnya dikenal sebagai "mbah Tu" kependekan dari mbah Wastu, seorang ulama pengikut dari Pangeran Diponegoro yang hidup sekitar tahun 1700an.

Atas jasanya maka daerah selatan gunung Arjuna-Welirang ini diberi nama (m)Batu. Kebetulan saya tinggal di dekat makam beliau di desa Bumiaji, kecamatan Bumiaji. Pada hari tertentu beberapa orang datang ke makam beliau untuk berziarah. Lanjut baca sejarah kota Batu disini.

Transportasi umum menuju kota Batu dari Surabaya dan Malang
Pemandangan di utara kota Batu, jajaran gunung Arjuna-Welirang
Perkebunan Apel, Selecta, pemandian air panas Cangar, gang macan Songgoriti merupakan image kota ini dijaman dulu. Kini banyak tempat wisata baru di kota Apel ini, yang setiap akhir pekan dan hari libur lain ramai dikunjungi wisatawan. Dan rasah dho kaget nek mBatu dadi macet lur ben libur :p

Sodara-sodaraku yang baik dan budiman, perkenankeun saya untuk berbagi mengenai cara menuju kota wisata Batu menggunakan transportasi umum dari Yogyakarta (Jogja), Surabaya dan Malang serta cara menuju tempat wisata favorit di kota wisata Batu menggunakan angkutan kota (angkot). Monggo lur... eh sodara-sodara ding.

Dari Jogja Menuju Kota Batu


Pembaca yang mbois, berangkat dari negri gudheg ini semurah-murahnya adalah bersama bus jurusan kota Pahlawan, Surabaya. Ada Eka, Mira, Via, Sugeng Rahayu, Sumber Selamat dst. Nah, anda harus turun di terminal Jombang sebelum jam 19.00 WIB. Tarifnya berkisar dari Rp. 46.000,- s/d Rp. 80.000,-. Bus beroperasi 24 jam dengan waktu tempuh kurang lebih 6 jam.

Berhenti di terminal Jombang, silahkan masuk bus BAGONG-PUSPA INDAH jurusan Jombang-Malang. Mintalah untuk turun di terminal Batu, dengan tarif berkisar Rp. 20.000,- s/d Rp. 30.000,-. Lama waktu perjalanan sekitar 3 jam. Jadi total lama perjalanan dari Jogja ke Batu via Jombang adalah sekitar 9 jam. Suwi yo, panas ra bokongmu?

Dari Surabaya Menuju Kota Batu


Jika kalian terbang menggunakan pesawat dan tiba di bandara Internasional Juanda, Surabaya kalian bisa menuju Terminal Bungurasih (Purabaya), Surabaya naik Bus Damri, tarifnya sekitar Rp.30.000,- dengan waktu tempuh sekitar 30 menit, catatan kondisi jalan lancar alias nggak macet (terutama waktu sore). Jadwal operasional bus damri dari bandara Juanda ke terminal Bungurasih adalah: 07.00 WIB – 21.00 WIB (Berangkat setiap 1 jam).

Sesampainya di Terminal Bungurasih, Surabaya selanjutnya kalian bisa naik bus tujuan terminal Arjosari, Malang dengan tarif EKONOMI sekitar Rp.15.000 atau PATAS Rp.25.000. Waktu tempuhnya ± 2 jam (kondisi lancar). Jadwal operasionalnya ada di setiap waktu, tapi usahakan sebelum jam 21.00 WIB karena biasanya bus yang berangkat mulai sedikit. (Berangkat setiap 10 menit).

Kebun Apel di kota Batu, Jawa Timur
Kebun Apel di daerah Jurangkuali, kota Batu.

Tiba di Terminal Arjosari, Malang kalian bisa istirahat sejenak makan atau minum biar nggak capek, banyak warung di depan terminal dan sekitarnya.
Lanjut lagi naik angkot menuju terminal Landungsari. Bisa naik Angkot ADL (Arjosari-Dinoyo-Landungsari) atau AL (Arjosari-Landungsari) dengan tarif sekitar Rp.4.000. Waktu tempuhnya ± 30 menit.
TIPS: jangan tanya harga dari sini ke terminal Landungsari karena biasanya kalian akan ditarif lebih, bilang saja ke tujuan dengan gaya “sudah biasa naik” lalu kasih aja Rp. 5.000,-.

Oke kalian sudah tiba di Terminal Landungsari, lanjut menuju terminal Batu yang terletak di depan pasar Batu. Naiklah Angkot yang warnanya UNGU tarifnya sekitar Rp. 5.000,- (tetap dengan tips diatas) dengan waktu tempuh ± 30 menit. Sudah deh, sampai di kota Batu. Selanjutnya adalah...

Dari Kota Malang Menuju Kota Batu


Jarak Malang ke Batu adalah sekitar 18 Km. Rata-rata durasi perjalanan kalau menggunakan kendaraan pribadi kurang lebih 30 menit sampai 1 jam perjalanan, tergantung waktu dan kondisi jalanan.

Buat kalian yang menggunakan kereta dan tiba di stasiun kota Malang, jarak dari stasiun malang ke kota batu sekitar 18,5 Km.
Nah, pertama harus naik angkot ke arah terminal Landungsari, dengan menggunakan angkot ADL (Arjosari-Dinoyo-Landungsari) atau AL (Arjosari-Landungsari). Tarif angkot dari stasiun kota Malang ke terminal Landungsari sekitar Rp. 4.000,- dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Setibanya di Terminal Landungsari, langsung menuju arah terminal Batu dengan angkot lagi yang berwarna UNGU, ongkosnya sekitar Rp. 5.000. Kira-kira 30 menit waktu perjalanannya, kalau tidak macet.

Begitulah transportasi umum dari stasiun Malang ke Batu.

Lha, kalau dari terminal Arjosari piye om? woh iya, sudah saya tulis di atas bos. Scroll up atau klik disini.
 

Bandara Abdurrahman Saleh, Malang Menuju Kota Batu


Kalau kalian yang naik pesawat dan turun di Bandara Abdurahman Saleh, Malang cara satu-satunya ialah naik Taxi Bandara Garuda karena tidak ada trayek angkot ke bandara yang berada di luar kota Malang.

Untuk menghemat biaya, sebaiknya anda menuju terminal Arjosari, Malang saja dengan tarif Rp. 50.000,- s/d 60.000,-. Selanjutnya anda tinggal melanjutkan perjalanan menggunakan angkot ke terminal Landungsari lalu ke terminal Batu. Sebenarnya dari bandara, taksi ini juga melayani trayek ke kota Batu dengan tarif sekitar Rp. 80.000,- s/d Rp. 100.000,-.

Bumiaji, kota Batu
Suasana di jalan di daerah Bumiaji, kota Batu dengan latar gunung Panderman.

Buat kalian yang nggak mau ribet, bisa pesan ojek online seperti GO-JEK atau GRAB dari Kota Malang ke Batu. Tarifnya mulai dari Rp. 25.000,- sampai Rp. 35.000,- dengan catatan, lokasi penjemputan dengan tujuan tidak lebih dari 25 Km dan usahakan lokasi penjemputannya jangan di dekat area terminal, stasiun dan bandara yaaa. Sampai di Batu nanti pun juga bisa kok pakai jasa ojek online ini.

Setelah tiba di terminal Batu tinggal melanjutkan tujuan yang kalian ingin. Disini banyak tersedia angkot ke berbagai wilayah, yang penting jangan lupa jam operasionalnya yakni mulai dari pukul 05.00 - 19.00 WIB.

Angkot dari Terminal Batu ke Lokasi Wisata Favorit

Berikut di bawah cara menuju beberapa tempat wisata favorit di Kota Batu menggunakan Angkot dari Terminal Batu:
1. Museum Angkut
  • Angkot BSS (Batu-Selecta-Sumber Brantas-Jurangkuali) warna merah jingga
2. Museum Satwa
  • Angkot BJL (Batu-Junrejo-Landungsari via Junrejo/Jeding) warna kuning muda
3. Batu Night Spectacular
  • Angkot BJL (Batu-Junrejo-Landungsari via Junrejo/Jeding) warna kuning muda
  • Angkot BJL (Batu-Junrejo-Landungsari via Tlekung) warna kuning muda
4. Batu Secret Zoo
  • Angkot BJL (Batu-Junrejo-Landungsari via Junrejo/Jeding) warna kuning muda
  • Angkot BJL (Batu-Junrejo-Landungsari via Tlekung) warna kuning muda
5. Jatim Park 2
  • Angkot BJL (Batu-Junrejo-Landungsari via Junrejo/Jeding) warna kuning muda
  • Angkot BJL (Batu-Junrejo-Landungsari via Tlekung) warna kuning muda
Angkot terminal kota Batu
Angkot ngetem di terminal kota Batu dari berbagai trayek/jurusan. Sumber: Google Street View

6. Jatim Park 3
  • Angkot BL (Batu-Landungsari) warna ungu muda
  • Angkot BTL (Batu-Torongrejo-Landungsari) warna ungu tua
7. Alun-alun Batu
  • Angkot BB (Batu-Bumiaji) warna merah jambu garis hijau
  • Angkot BS kode A (Batu-Songgoriti) warna hijau
8. Batos / Batu Town Square
  • Angkot BTL (Batu-Torongrejo-Landungsari) warna ungu tua
9. Songgoriti
  • Angkot BS kode A (Batu-Songgoriti) warna hijau
  • Angkot BS kode B (Batu-Songgoriti) warna hijau
10. Selecta dan Wisata Petik Apel
  • Angkot BSS (Batu-Selecta-Sumber Brantas-Jurangkuali) warna merah jingga

Harga atau tarif angkot di kota Batu, untuk jarak jauh sekitar Rp. 5.000,- dan jarak dekat Rp. 4.000,-. Kecuali trayek jauh seperti angkot BSS, harganya di atas Rp. 5000,-. Trayek atau jurusan angkot dari terminal Batu lebih lengkap silahkan baca disini.

Baiklah, sekian dulu postingan kali ini. Jangan lupa bawa jaket nanti saat berkunjung ke “Swiss Kecil di Pulau Jawa” ini. Jangan lupa share ke teman-teman kalian dan semoga bermanfaat. Wassalam!

DISCLAIMER: Data-data angkutan publik yang penulis kumpulkan berasal dari pengalaman pribadi dan dari sumber yang relevan. Perubahan, seperti tarif atau harga bisa berubah tergantung yang punya PO. hehe

Related Article

23 comments:

  1. Replies
    1. Sama sama mas/mbak, terima kasih juga sudah mampir di blog saya :)

      Delete
  2. halo mas, untuk angkutan grab/gojek dari batu ke malang sekitar tengah malam itu masih ada gak sih?

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Hallo mas Dewa Tashteggo, terima kasih sudah mampir di blog saya :D

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Berguna bngt,mksih lengkap tur detail,kbtln lg planning mau ke mbatu,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas/mbak sudah mampir ke blog saya, semoga sukses rencana pergi ke kota Batunya.

      Delete
  6. Kalo mau ke jatimpark 2 lebih enak berhenti di stasiun apa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mas/mbak NDY,
      Kereta api tetap berhenti di stasiun Kota Malang mas, amannya sih stasiun Kota saja baru lanjut ke Batu naik angkot atau ojol.
      Terima kasih

      Delete
  7. Stasiun kota lama malang / stasiun malang nya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stasiun Kota Malang mas, yang dekat dengan bunderan balai kota malang.

      Delete
  8. Mas, kalau naik kereta dari Surabaya me Batu turun stasiun mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mas/mbak Deka,
      Ada tiga pilihan:
      1. Turun stasiun Singasari, terus bisa naik angkot ke Karangploso dilanjut angkot ke Batu.
      2. Turun stasiun Blimbing, terus bisa naik angkot ke Karangploso dilanjut angkot ke Batu.
      3. Stasiun malang kota baru, terus bisa naik angkot ke terminal Landungsari dilanjut angkot ke Batu.

      Semoga membantu

      Delete
  9. terima kasih sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  10. Kalau penyeweaan motor bagaimana?

    ReplyDelete
  11. Makassiiihhh .... Bermanfaat syekali

    ReplyDelete
  12. Makasih banget sangat terbantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nita, Terima kasih sudah mampir di blog saya. Senang bisa bermanfaat. Good luck!

      Delete
  13. tq infonya, apakah obyek wisata batu sudah dibuka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mas Ariyanto, sebagian besar tempat wisata seperti Jatim Park Group sudah buka. Terima kasih sudah mampir :)

      Delete

Contact Form

Name

Email *

Message *