Tempat Penukaran Mata Uang Dollar Amerika Seri Lama di Banyuwangi

Leave a Comment
Ini adalah cerita saya menukar dollar amerika seri lama di Banyuwangi, Jawa Timur.
Oktober 2019 merupakan waktu yang cukup sibuk bagi saya untuk memandu orang mengamati burung di alam. Alhamdulillah, dapur masih bisa ngebul!

Salah satu diantaranya, saya mengantar 2 pasangan suami istri asal Perancis untuk melihat burung di sekitar hutan Malang dan Banyuwangi.

Tak hanya melihat, mereka membawa peralatan kamera yang mumpuni lengkap dengan lensa galon aqua yang besar itu.

Singkat cerita, hanya ada masalah dihari pertama. Saya harus langsung mengajak mereka ke Banyuwangi setibanya mereka di Malang. Alasannya, target burung mereka di Malang sedang sangat sulit ditemui.

Alhamdulillah selama di Banyuwangi target burung yang ingin mereka lihat dan potret berhasil didapatkan. Hingga akhirnya adalah tahap pembayaran seluruh akomodasi, transportasi, makan, jasa pemandu lokal dan seterusnya di hari terakhir sebelum kami berpisah di Bandara Blimbingsari.

Beberapa minggu sebelum trip ini berjalan, kami sepakat untuk pembayaran menggunakan dollar amerika atau US$. Hal ini lebih memudahkan mereka untuk menghemat waktu menukar rupiah dan tentunya menghemat tempat penyimpanan mereka, alias dompet.

Setelah pembayaran selesai dan mereka sudah saya antar ke bandara Blimbingsari, Banyuwangi, saya langsung mencari tempat penukaran mata uang asing khususnya dollar amerika di sekitar Banyuwangi.

Seperti pengalaman saya beberapa kali menukar uang asing, saya lebih cenderung memilih bank untuk membeli rupiah. Alasan saya memilih bank untuk menukar uang adalah, selisih harga yang terbilang kecil.

Selanjutnya saya menuju KCP Bank BRI Banyuwangi, lalu tiba saatnya saya dipanggil teller. Saya serahkan semua pecahan uang dollar amerika dari tamu saya beserta identitas saya sebagai syarat penukaran uang asing.

Lalu teller akan melakukan konfirmasi terkait perubahan harga penukaran uang asing dan hal lain.
Benar saja setelah saya menunggu sekitar 10 menit, teller memanggil.
Ada  2 hal yang disampaikan, pertama terkait harga rupiah yang bisa diberikan per satu dollarnya dan ada 2 lembar uang dollar saya yang tidak bisa ditukar.

Waduh, alasannya adalah seri 2 lembar uang dollar tersebut sudah agak kadaluwarsa beredar di Indonesia. Mbak teller yang saya lupa nama tapi ingat senyumannya itu mengatakan lagi bahwa, uang tersebut masih berlaku di negara asalnya.

Karena saya harus segera mendapatkan rupiah untuk membayar kebutuhan trip ini, saya mencoba menanyakan kepada teller tersebut tentunya yang saya lupa namanya, apakah ada tempat lain untuk menukar pecahan seri lama dollar in?

Dengan ramah beliau yang masih kisaran umur 20-30 saya yakin menjawab dengan ramah untuk mencoba di penukaran uang di sekitar kota Banyuwangi atau mencoba di Bank BCA.

Setelah mengucapkan terima kasih, saya bungkus rupiah yang berhasil didapat lalu segera menuju Bank BCA KCU Banyuwangi.

Saya tiba setengah jam sebelum jadwal bank tutup. Untung tidak ada antrian, sehingga saya langsung menghadap ke teller yang masih mbak-mbak juga.

Oh ya, seri pecahan dollar amerika saya adalah KL - xxxsekian, seperti gambar di bawah ini.
Uang dollar amerika pecahan lama seri KL.
Uang dollar amerika pecahan lama seri KL.

Beserta KTP saya berikan uang tersebut, duduk menunggu konfirmasi sambil mencari alternatif lokasi lain jaga-jaga jika bank ini juga menolak.

Dengan durasi yang sama, lalu saya dipanggil.

Sambil menyodorkan struk  teller meminta tanda tangan saya, yang artinya seri dollar amerika lama (KL) ini bisa ditukar di bank BCA KCU Banyuwangi. Berikut struk penukarannya ada di bawah.


Bukti penukaran dollar amerika di bank BCA Banyuwangi
Bukti penukaran dollar amerika di bank BCA Banyuwangi
Bagi yang memiliki kasus yang sama, silahkan dicoba menukar di bank BCA khususnya di Banyuwangi. Berikut link ke google maps agar tidak repot.

Mungkin saja di bank BCA kota lain kasus yang sama ini bisa tertangani, sampai saat ini saya belum mengalami. Mungkin di masa depan ya.

Terima kasih, dan SALAM.

Related Article

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *