Pengalaman Mendapat e-mail Good News! Your Site Is Now Ready To Show Adsense Ads

Leave a Comment
Saya mulai blog ini di bulan Mei 2010.

Awalnya karena saya ikut klub pengamatan burung di kampus, dimana para anggotanya sering bertukar cerita lewat blog.

Melihat keasyikan dan kemesraan tersebut, memicu saya untuk membuat blog ini.

Beberapa saat kemudian, bertemu dengan adik tingkat yang kebetulan suka nge-blog.

Dari hasil obrolan dengannya, ternyata dia sudah menjadi publisher untuk Google Adsense pada tahun 2010.

Nah, mulai saat itulah saya semakin tertarik untuk nge-blog.

Namun kenyataan berkata lain.

Ide-ide tulisan salah satunya dari cerita lapangan hasil pengamatan burung sebenarnya banyak sekali. Tapi melawan rasa malas adalah persoalan tersendiri.

Hingga akhirnya di tahun 2015, saat saya lulus kuliah dan lakon hidup harus berganti.

Saya harus hidup mandiri. Alhamdulillah mendapat pekerjaan dengan sistem kontrak jangka menengah (1-3 bulan) pada tahun 2015 dan sejak 2016 hingga sekarang, pemandu pengamatan burung adalah pekerjaan tetap saya.

Di tahun 2016, saya tengok lagi blog ini. Lalu teringat dengan pembicaraan dengan adik tingkat.

Lalu blog ini coba saya ganti template-nya dan mulai menambah tulisan atau artikel.

Tak lupa saya daftarkan ke Google Search Console/Webmaster, Google Analytic dan Bing.

Setelah itu, saya beranikan diri untuk daftar ke Google Adsense.

Proses pengajuan awal hingga review tahap pertama, tidak begitu mendapat hambatan. Alias saya lolos review tahap pertama.

Dimana dalam rentang waktu satu tahun (2016-2017) iklan sudah tayang di blog ini.

Hingga saya melakukan kesalahan, yakni mengutak-atik template ini. Berakibat e-mail penolakan dan iklan tidak tayang lagi.

Apakah domain blogspot.com diterima adsense?

Awalnya sedikit putus asa, dan saya akui untuk meminta akun di Google Adsense sangat susah. Dimana domain masih gratisan, sementara banyak yang menyarankan untuk ganti ke Top Level Domain seperti .com, .org, .id, .xyz dst.

Semangat saya muncul lagi setelah tak henti-hentinya googling.

Masih banyak domain gratisan seperti namadomain.blogspot.com yang dihiasi iklan dari Adsense.

Selama tahun 2018 saya coba lagi untuk membenahi blog, menambah artikel, membaca lagi tips dan trik dari blogger lain yang sudah diterima sepenuhnya.

Hingga akhirnya pada 11 Maret 2019 ini saya mendapat e-mail berikut:

Good News! Your site is now ready to show Adsense ads.
E-mail dari Google Adsense tentang kesiapan blog ini menampilkan iklan. Dok. Pribadi

Pada intinya, blog ini yang masih berdomain blogspot.com sudah siap / bisa menampilkan iklan dari Adsense. Alias terbukti bisa diterima Google Adsense.

Sebelum mendapat pemberitahuan tersebut, hal-hal yang saya lakukan antara lain (sesuai ingatan he..he..):
  1. Memperbaiki lay-out template dan navigasi blog.
  2. Mengubah ke HTTPS.
  3. Mendaftarkan ulang ke Google Search Console / Webmaster dan Bing.
  4. Fetch as Google / URL inspection dan Fetch as Bing tiap artikel dan laman.
  5. Mendaftakan site yang sudah HTTPS ke Adsense tanggal 10 Maret 2019.
  6. Menambah artikel hingga total ada 28 buah.
  7. Setiap ada tulisan baru saya bagikan ke fan-page dan Google Plus (sebelum hilang per April 2019).
  8. Lalu lintas kunjungan harian rata-rata 138 kunjungan (UV) dalam seminggu via Google Analytic.
Walaupun sudah mendapat e-mail tersebut, bukan berarti sudah mendapat persetujuan penuh dari Adsense.

Mungkin bisa saya simpulkan, e-mail tersebut adalah pengumuman lolos tahap review pertama Google Adsense.

Karena saya belum mendapat PIN Verifikasi yang akan tiba jika pendapatan sudah di angka $10 atau sekitar Rp. 130.000,-.

Atau kawan-kawan yang kebetulan membaca artikel ini dan ada pengalaman dengan Adsense mungkin bisa berkomentar di bawah.

Demikian cerita pengalaman saya  mendapat e-mail "Good News! Your Site Is Now Ready To Show Adsense Ads."

Semoga bermanfaat dan Terima kasih.

Related Article

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *