1 Bulan Menjadi Kontributor Foto di Shutterstock

52 comments
Mencari uang atau penghasilan di internet semakin hari banyak "pintu" yang bisa dicoba.

Mulai dari  menampilkan iklan di blog atau website dan YouTube menggunakan Google Adsense yang paling populer hingga alternatif penyedia iklan lainnya, lalu program affiliasi, menjual jasa keterampilan di Fiverr; Upwork dan sejenisnya, menjual barang di BukaLapak; Tokopedia; Shopee atau sejenisnya, menjadi kontibutor foto free royalty untuk Shutterstock; Eyeem; Pixabay atau sejenisnya dan masih banyak lagi.


Coba saja ketik di google dengan kata kunci make money online atau "cara mendapatkan uang dari internet" pasti muncul banyak hasil pencarian yang bisa anda baca dan terapkan.

Saya sendiri sudah cukup lama tergiur dan mencoba mendapatkan uang dari internet untuk menambah penghasilan agar dapur istri tetap ngebul.

Dan yang sudah saya coba antara lain: Blog ini saya pasang iklan dari Google Adsense setelah berjuang dari 2017 (belum pernah payout hiks), menjadi tester website di beberapa penyedia layanan ini, dan menjual foto di website free royalty yakni Eyeem dan Shutterstock.

Kali ini saya mau berbagi cara saya menjual foto di shutterstock.

Apa itu Shutterstock?

Saya yakin, sebagian besar orang pasti tahu dengan Shutterstock. Perusahaan atau situs ini adalah salah satu penyedia layanan jual beli stok foto, ilustrasi, desain grafis, vector, video, musik dst. terbesar yang didirikan oleh Jon Oringer pada tahun 2003 di Kota New York, Amerika Serikat.

Di situs tersebut anda bisa menjadi penjual atau kontributor serta pembeli atau biasa disebut customer.

Selanjutnya anda bisa baca deh lewat tautan ini.

Untuk mendapatkan penghasilan di situs ini, kita harus mendaftar sebagai penjual atau contributor. Sekarang caranya mudah banget, berbeda dengan beberapa tahun yang lalu dimana kita harus memiliki paspor untuk syarat bergabung menjadi kontributor di Shutterstock.

Silahkan yang langsung tertarik menjadi kontributor bisa langsung shortcut lewat klik link ini.

Satu Bulan di Shutterstock

Alasan saya bergabung selain poin di atas adalah karena saya sering motret menggunakan kamera handphone, action-cam, DSLR dan jalan-jalan alias traveling.

Sehingga hardisk saya penuh dengan gambar jepretan dari Sumatera hingga Papua.

Kebanyakan sih foto burung, panorama dan sedikit foto-foto potrait.

Penghasilan saya selama satu bulan di Shutterstock.
Penghasilan saya selama satu bulan di Shutterstock.


Foto-foto tersebut saya pakai untuk promosi dan membuat tulisan tentang pekerjaan utama saya sebagai operator wisata minat khusus: mengamati burung di habitat aslinya alias birdwatching.

Nah, sisa-sisa foto selain burung bingung mau diapain, palingan kalau bagus atau menarik saya upload di instagram atau untuk bahan pemanis tulisan di blog ini.

Lalu teman saya kasih saran untuk jadi kontributor di Shutterstock, lumayanlah daripada hanya memenuhi isi memori siapa tahu ada yang butuh dan mau beli lewat website tersebut.

Selanjutnya di awal Maret 2019 saya mendaftar.

Memang benar nggak ribet, cuma isi nama lengkap, nama akun yang akan ditampilkan, alamat e-mail, dan password.

Lanjut konfirmasi via e-mail untuk aktifasi terakhir tinggal unggah foto, vector, logo dan lain sebagainya.

Sampai tulisan ini dibuat, saya sudah tergabung di Shutterstock sekitar satu bulan.

Jumlah image portfolio yang telah tampil atau disetujui ada sekitar 13 foto.

Dan unduhan yang didapat selama itu adalah satu foto saja dengan mendapat $ 0,25 seperti foto di atas.

Kecil banget yak!? Wkwkwk

Tapi memang segitu lah harga untuk pemula, semakin lama bertahan, konsisten, riset tren, dan seterusnya saya yakin earnings bisa naik.

Tinggal masalah waktu saja. Dan jangan pernah lupa berdoa agar DIA menggerakkan orang-orang mendownload karya saya dan kawan-kawan yang sama berjuang.

Teman-teman bisa ambil inspirasi dari SANGPENA yang sudah pernah mendapatkan lebih dari $10.000. 

Sekali lagi, bagi kawan-kawan yang tertarik dan kebetulan sama dengan saya: punya stok foto dari jepretan handphone smartphone, DSLR, mirrorless, prosummer, compact atau apapunlah.

Silahkan bergabung langsung lewat link berikut.

Sekian tulisan ini, semoga bermanfaat.

Wassalam!

UPDATE: 1 unduhan karya kita untuk kategori subcribtion turun menjadi $0,10 lebih lanjut silahkan kunjungi Earning Breakdown.

Disclaimer: Artikel ini mengandung tautan atau link referral kontributor Shutterstock dari saya.

Related Article

52 comments:

  1. sekarang sudah dapat berapa bang earningsnya? apakah naik atau turun meskipun konsisten upload terus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya lagi mati suri upload bang, sementara masih 1 downloadan saja.

      Delete
  2. Sekarang udah berapa penghasilan dr shutterstock bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih sama Kang Asep, $ 0,25 belum nambah, lama banget nggak upload.

      Delete
  3. Bisa saling kunjung ke blog ku ya bang: stokfotomaniac.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Gan, itu nggak harus punya paypal dulu pas daftar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya bisa daftar dulu gan sebelum punya PayPal.

      Delete
  5. mampir ke sini gan, masih tahap uji coba
    https://lapakfoto.com/
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Done! mas. Mantap website nya. Ini rencana hanya untuk foto mas sendiri apa akan open submit dari orang lain kah?

      Delete
  6. Salam kenal mas,

    Mau tanya dong mas, bagaimana memastikan bahwa foto kita yang sudah di upload sudah bisa dicari atau dilihat pada halaman shutterstock ya? Saya sudah coba upload, sudah bertambah photofolio saya, tapi saya coba cari gambar yang salah upload, tidak ditemukan. Ada saran atau bagaimana ya?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mas,
      Coba cek di google dengan kata kunci "shutterstock + username contributor" mas. Setahu saya, walau sudah masuk photofolio kita biasanya butuh waktu untuk review dan proses upload/index dari pihak Shutterstock mas.

      Semoga membantu, dan terima kasih sudah mau mampir ke blog saya.

      Delete
  7. Terbuka untuk umum mas, pengin nya sih foto lokal harga interlokal, klo udh join wa di menu kontak mas, kali bisa sharing seputar fotografi

    ReplyDelete
  8. Salam kenal bang, gmn ya biar upload an disetujui. Saya up 10 yg di setujui cuma 1. Alasannya deskripsinya yg kurang tepat. Mungkin krn b. Inggris saya salah ya, sedang saya gk bisa english. Gmn tuh bang. Mksh bang

    ReplyDelete
  9. sipppp... bermanfaat skali bang... salam dari magelang

    ReplyDelete
  10. Mau tanya bang, kalo mau submit lukisan atau gambar hasil painting bisa enggak sih?

    ReplyDelete
  11. Bang, bagaimana cara claim uang hasil pendapatan kita ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo bang, mohon maaf baru menanggapi. Sampai sekarang pendapatan saya belum mencapai batas minimal untuk pencairan uang. Jadi belum tahu bang.

      Delete
  12. salam kenal mas, terima kasih sebelumnya informasinya sangat membantu. ini ada pertanyaan ni mas saya baru bergabung dan sudah aktif penghasilan sudah 0.50 dollar, yang mau ditanyakan kok saya cari akun nama saya atau judul foto yang tidak ketemu akunnya, apakah belum aktif untuk tayang atau bagaimana? mohon pencerahannya. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mas,
      Kalau sudah ada yg download karyanya mas berarti akun dan foto sudah tayang/aktif mas. Coba mas log in ke shutterstock contributor, lalu di dashboard awal sebelah kiri (dibuka dengan laptop/pc) silahkan klik "image portofolio" untuk melihat unggahan karyanya mas.
      Terima kasih sudah mampir, semoga membantu.

      Delete
  13. Gan, apakah klo foto terjual kita kehilangan hak milik ? Dan tidak bisa posting ke instagram prbadi ?

    ReplyDelete
  14. Hallo mas Ryanmas,
    Maaf baru menanggapi. Setahu saya kita menjual untuk hak pakai pada pembeli. Kita masih bisa memakai untuk di posting di instagram dll. Terima kasih. Semoga membantu. Salam!

    ReplyDelete
  15. Gan, emang bener ya nunggu proses reviewnya sampe 5 hari? klo ga lulus review itu gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak mesti mas, biasanya nunggu satu hari sudah di review. Mungkin karena ada wabah korona ini jadi agak lama proses reviewnya.

      Delete
  16. Salam kenal...mau tanya. Klo foto kita tayang d shutterstock boleh ga kita upload juga d IG . Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mbak,
      Boleh banget mbak. Setahu saya, kita pemilik foto karya yg diunggah di shutterstock/microstock lain. Foto yang dibeli di SC sepahaman saya hanya membeli hak pakai saja. Monggo bisa pelajari tentang royalty-free: https://en.wikipedia.org/wiki/Royalty-free

      Delete
  17. yuk oms mampir juga ke https://lapakfoto.com siapa tahu bisa buat penghasilan tambahan

    ReplyDelete
  18. hallo,,, sekarang penghasilannya sudah berapa bang😅

    ReplyDelete
  19. keren.,mampir jg gan.

    https://lixmedia.blogspot.com/
    https://arabitzone.blogspot.com/

    ReplyDelete
  20. Bang, itu kita harus punya atm skala international kah buat daftar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kak, paling tidak kita punya akun PayPal untuk menerima pembayaran dari Shutterstock dan rekening bank lokal untuk transfer uang pembayaran yang sudah ada di PayPal.

      Delete
  21. Bang saya baru daftar. Bisa komunikasi dengan Abang ga?hehe minta Ig atau wa gtu

    ReplyDelete
  22. Bang nanya dong, jadi sekarang mas masih fokus jual foto tidak, trus mas jual dimana aja dan yang paling banyak mengahsilkan dimana... ??? hehehe soalnya saya mau coba upload foto lama yang pernah saya simpan juga, kali aja bisa laku....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mas Ketut, saat ini masih mas dan mencoba untuk jualan illustrasi digital. Masih di Shutterstock sih, pengen juga mencoba di Freepik, adobe stock, dreamstime dll. Dicoba dulu saja mas, siapa tahu cocok. Salam

      Delete
  23. Apakah ada persyaratan khusus saat mendaftar kak ? contohnya hasil karyanya?

    ReplyDelete
  24. Hallo Windownesia,
    Tidak ada syarat khusus kak untuk menjadi kontributor shutterstock, yg penting ada e-mail. Nah selanjutnya untuk menjadi kontributor aktif syaratnya adalah mengupload karya, bisa berupa foto, ilustrasi, video dan vektor. Setahu saya syarat khusus hasil karyanya harus original kak.
    Selengkapnya bisa cek tulisan saya kak tentang pendaftaran menjadi kontributor shutterstock:
    https://freeasbird.blogspot.com/2020/11/cara-daftar-kontributor-shutterstock.html

    ReplyDelete
  25. Halo mas.

    Semisal dibagian tax W-8BEN di Shutterstock gak diisi dulu nanti efeknya bagaimana? Soalnya terkendala di usia yang masih kurang 5 bulan lagi ke umur 18 Tahun.

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mas/mbak,
      Jika kita tidak mengisi W-8BEN maka dari pihak Shutterstock akan memotong pendapatan kita sebesar 30% untuk biaya pajak. Sarajn saya, minimal payoutnya dinaikkan dulu saja sampai umur 18 tahun. Atau memakai identitas orangtua. Semoga membantu

      Delete
  26. Mas kok skg masi o$ smua ya foto yg saya upload? Kok ga ada harganya?emang benar gt atau ada syarat2 khusus yg belum saya penuhi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mas Herman,
      Maksud dari 0$ itu gimana mas? mohon diperjelas mas pertanyaannya,agar saya bisa membantu menjawab. Terima kasih

      Delete
  27. Wahh, masih aktif ngeblog kahh mas? Salam semangat sesama blogger dan make money online mampir ke blog saya ahiihi.. sekalian minta backlink cariduit.xyz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Nafi, masih tapi kurang rajin hehe. Salam kenal dan semangat. Sudah berkunjung ke Blog nya Nafi. Pokoknya semangat hehe

      Delete
  28. Hai mas, terima kasih sudah ngulas tentang saya, hahaha. Gk sengaja ini nemu pas ngecek backlink :v

    Semoga lancarrr terus ya jualannya, saya sudah pensiun dari dunia stock :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih kaget di komen living legend. hehehe
      Terima kasih mas motivasinya, semoga sukses selalu walau sudah tidak di dunia stock. Sehat selalu mas.

      Delete

Contact Form

Name

Email *

Message *