Rekomendasi 1 Tempat Makan Murah di Kota Sungai Penuh, Jambi!

Leave a Comment
Saat bepergian wisata atau traveling ke suatu lokasi baru yang sangat ingin dikunjungi dalam waktu yang cukup lama, manajemen budget traveling tentu akan sangat diperhatikan.
Tentunya bagi saya atau teman-teman yang belum mendapat julukan duit nggak ada serinye.

Budget atau anggaran wisata itu antara lain biaya untuk penginapan, transportasi atau kendaraan, makan, tiket masuk kawasan wisata, oleh-oleh dan lain-lain.

Harus pandai mengatur anggaran tersebut agar kita enjoyed alias menikmati segala suasana liburan.
Saat ini, kita dimudahkan dengan banyaknya OTA singkatan dari Online Travel Agent seperti tiket.com, traveloka.com, pegipegi.com dan masih banyak lagi.

OTA ini menyediakan jasa booking hotel, tiket pesawat terbang, kereta api, bus bahkan sekarang ada yang bisa pesan tiket tempat wisata, carter atau sewa mobil dan mungkin ada hal lain ke depannya, misal pesan tiket antri Rumah Sakit. Hehe

Harga yang ditawarkannya pun bervariasi, tentu yang kita sorot adalah yang murmer alias murah meriah atau batas bawah. Wkwk 

Sudah murah, juga mudah dengan adanya aplikasi untuk gawai ponsel pintar selain website resminya.
Semua serba On the go, bisa dioperasikan kapanpun dimanapun.

Tempat makan murah di kota Sungai Penuh, Kerinci, Jambi
Tempat makan murah bernama Ampera Sakinah yang berada di dalam Kincai Plaza, Sungai Penuh, Kerinci, Jambi

Oke cukup basa-basinya, tulisan ini tidak akan membahas OTA lebih detail, kita akan masuk lebih spesifik dalam mengatur anggaran wisata di kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Provinci Jambi.

Khususnya anggaran untuk makan.

Saya pun hanya akan membahas atau merekomendasikan satu tempat makan saja yang saya ketahui, haha

Pertama kali saya mengunjungi kota Sungai Penuh adalah di akhir Oktober 2011 dalam rangka pengambilan data skripsi.

Bersama dua rekan saya, kami beruntung mendapat hibah penelitian dari Taman Nasional Kerinci Seblat yang bekerjama dengan Rufford Small Grant untuk melakukan penelitian dengan tema burung di area taman nasional.

Hibah yang diberikan adalah berupa uang penelitian sebesar Rp. 2.000.000,- per judul dan fasilitas penunjang penelitian lain dengan durasi waktu pengambilan data terakhir akhir Desember 2011.

Jadi kami ada waktu kurang lebih 2 bulan.

Terus terang, hanya rasa senang yang ada waktu judul yang kami ajukan diterima. Beberapa kendala baru terasa saat sudah tiba disana seperti tempat tinggal selama Oktober hingga Desember, transportasi, biaya hidup lain dengan anggaran dua juta rupiah per kepala tersebut.

Saat itu masih belum ada OTA semudah saat ini, sehingga kami benar-benar melakukannya secara manual. Berangkat naik bus selama 3 hari 3 malam dari Jogja menuju Bangko, Jambi. Lalu naik travel dari Bangko ke Sungai Penuh.

Tiba di Sungai Penuh malam hari, untunglah pihak TN menjemput kami lalu diinapkan di basecamp mitra mereka yaitu tempat LSM Monitoring Harimau Sumatera selama di Sungai Penuh, sedang di lapangan nanti kami bisa tinggal di tiap resort, camping atau tempat para petugas lapangan tinggal.

Selama di Sungai Penuh, ada satu tempat makan murah andalan yang biasa kami kunjungi, terutama untuk makan sarapan dan atau makan siang.

Rumah makan ini terletak di dalam kompleks kios Kincai Plaza lantai dua, yang bernama "AMPERA SAKINAH".

Alamat Rumah Makan Ampera Sakinah

Kincai Plaza sendiri terletak di pojok timur laut dari Lapangan Merdeka Kota Sungai Penuh dengan alamat Pasar Sungai Penuh, Kecamatan Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh, Jambi - 37111.

Suasana kios yang berukuran sekitar 6x3 meter ini memang cukup remang dan tak begitu ramai dibanding kios-kios yang ada di bagian bawah Kincai Plaza. Berikut peta lokasi Kincai Plaza di Google Map:



Menu dan Suasana Rumah Makan Ampera Sakinah 

Terdapat tempat duduk dan meja bagi pengunjung yang hendak makan di tempat.

Menu makanan utama adalah masakan khas minang dengan pilihan lauk antara lain: ayam goreng, ayam bakar, rendang, ikan laut goreng, telur, tempe-tahu dan lainnya.

Untuk harga murah sekali, dulu pas tahun 2011 harga satu porsi makanan adalah Rp. 6.000,- mau lauk tempe, telur,ikan atau ayam harganya tetap enam ribu rupiah.

Maka dari itu saya dan kawan-kawan setia jajan disana untuk sarapan dan makan siang, sangat membantu menekan pengeluaran anggaran belanja kami selama di Sungai Penuh.

Nah, di tahun 2016 kemarin saya ada kesempatan main ke Sungai Penuh lagi selama kurang lebih 5 hari.

Tentu dong, warung makan ini jadi rujukan lagi.

Ternyata saat itu, harga makanannya sudah naik menjadi Rp. 10.000,- per porsi.
Masih terbilang murahlah dibanding warung makan lain yang harga makanannya per porsi rata-rata Rp. 15.000,- s/d Rp. 18.000,-

Walau murah, cita rasa masakannya tetap enak. Bumbunya terasa cukup kuat, porsi nasi dan sayur mengenyangkan atau bisa saya katakana seperti makan masakan padang di Jawa dengan nasi satu setengah sayur ambil sendiri. Haha

Minuman yang tersedia disini sama dengan warung-warung yang lain, seperti teh, kopi, jeruk dan aneka minuman sachet.

Ketika siang pengunjungnya akan banyak, mulai dari pedagang pasar, karyawan kios, sopir angkot dan lain lain.

tempat makan murah ampera sakinah kincai plaza sungai penuh jambi
Suasana rumah makan Ampera Sakinah, Kincai Plaza, Sungai Penuh saat jam makan siang.
Kadang kami makan di tempat sekalian berbelanja kebutuhan penelitian di sekitar Kincai Plaza, atau juga bungkus untuk dimakan di basecamp.

Baiklah kawan-kawan pembaca, kiranya ini bisa saya rekomendasikan buat kawan-kawan yang sedang liburan atau ada urusan lain di Sungai Penuh jika sedang mencari tempat makan murah di sekitar kota Sungai Penuh.

Kalau dari teman-teman yang kebetulan membaca tulisan ini tahu ada tempat makan lain di Sungai Penuh yang lebih murah, atau perubahan harga di warung silahkan tulis di kolom komentar untuk memberi informasi kepada pengunjung lain blog ini.

Semoga bermanfaat, terima kasih dan wassalam!

Related Article

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *